Skip to main content

Jenis Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang telah rusak. Secara umum berfungsi untuk mengunyah makanan dan untuk estetika. Karena berfungsi untuk mengunyah dan estetika maka pembuatannya selain harus kuat, tetapi juga harus dibuat seperti gigi asli baik warna maupun bentuknya. Sehingga orang yang memakainyapun menjadi nyaman, begitu pula dengan orang lain yang melihat tidak akan tahu jika itu adalah bukan gigi asli.
Beberapa jenis yang umum dipakai adalah
  1. Gigi palsu lepasan
  2. Gigi palsu jaket (mahkota)
  3. Gigi palsu permanen dengan sistem implan
1. Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu jenis ini didesain agar pemakai bisa dengan mudah melepask dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau orang lain. Sehingga pemakai jenis ini bisa kapan saja melepas gigi palsunya untuk dibersihkan. Biaya pembuatannya termasuk paling murah dibanding jenis yang lain.
Beberapa pilihan bahan yang digunakan, yaitu :
  • Akrilik
Dengan menggunakan bahan akrilik adalah pilihan paling murah, namun mempunyai plat relatif tebal dan ada kawat yang berfungsi untuk mencengkeram ke gigi yang tersisa. Sehingga gigi palsu jenis ini kurang nyaman untuk digunakan. Kisaran biaya untuk jenis ini adalah Rp.400.000,00 (empat ratus ribu rupiah).
  • Valplast
gigi palsu valplast Jenis bahan ini tidak menggunakan kawat untuk mencengkeram namun lebih lentur dan tipis dibandingkan dari bahan akrilik. Sehingga lebih nyaman untuk digunakan, namun membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal ketimbang akrilik, yaitu berkisar mulai dari Rp.600.000,00 (enam ratus ribu rupiah).

  • Frame (kerangka logam)
Jenis ini menggunakan plat logam sebagai rangkanya. Karena mempunyai rangka dari logam, plat gigi palsu bisa dibuat sangat tipis sehingga dibandingkan gigi palsu lepasan lainnya, jenis ini paling nyaman digunakan dan paling kuat. Namun biayanya paling mahal diantara gigi palsu lepasan lainnya.
  • Dan lain-lain
2. Gigi Palsu Jaket (Mahkota)

gigi palsu jaket (mahkota) Gigi palsu jaket (mahkota) adalah gigi palsu yang dibuat dan digunakan untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak. Syarat memakai gigi palsu jaket (mahkota) adalah syaraf dan akar gigi masih berfungsi dengan baik. Bentuk gigi palsu jaket menyerupai selongsong yang kemudian disarungkan pada gigi asli.
Biasanya pengguna gigi tiruan ini adalah orang yang mempunyai gigi berlubang atau gigi yang patah. Namun gigi asli tersebut tidak memungkinkan untuk ditambal seperti biasa. Tetapi akar dan syaraf giginya masih baik, jadi sayang jika harus dicabut. Maka solusi yang tepat adalah dengan membungkus gigi asli yang rusak tadi dengan gigi tiruan jaket (mahkota). Untuk biaya pemasangan jenis ini mulai dari Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) hingga beberapa juta rupiah.

3. Gigi Palsu Permanen dengan Sistem Implan

gigi palsu implantSebenarnya ini adalah satu teknologi terbaru dalam pemasangan gigi palsu. Karena bersifat permanen, maka pemasangannya adalah dengan cara menanam ke dalam gusi atau dikenal dengan sistem implan. Karena ditanam ke dalam gusi, maka perlu pembedahan kecil di gusi untuk menanam tadi.
Khusus sistem implan ini perlu beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh orang yang akan menggunakan metode implan ini. Beberapa syarat tersebut adalah kondisi gusi, rahang dan tulang yang sesuai. Sehingga dokter perlu memeriksa secara intensif kondisi tersebut.
Dan untuk masalah biaya, metode sistem implan adalah paling mahal dibanding jenis lepasan atau jaket. Kisaran biaya untuk metode sistem implan ini hingga mencapai belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Semua biaya tadi hanya perkiraan saja tergantung dari bahan yang digunakan dan tempat dimana dokter gigi dan lab pembuatan gigi palsu berada.

Silahkan konsultasikan dengan dokter gigi terdekat atau dengan kami melalui whatsapp.

Sumber : doktergigi.id

Comments

  1. apakah gigi palsu ada efek samping?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena gigi palsu adalah pada dasarnya adalah benda asing pastinya ada efek samping. beberapa efeknya adalah membuat gusi iritasi dan pada pemakaian jangka panjang juga bisa menyebabkan perubahan bentuk gusi. tapi efek samping tersebut masih lebih baik dari pada tidak menggunakan gigi palsu sama sekali, karena jika gigi dibiarkan ompong malah mempunyai efek lebih buruk.
      salah satu gigi palsu yang mempunyai efek samping paling minim adalah implan, namun biayanya relatif mahal.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sakit Gigi Bukan Berarti Harus Cabut Gigi

Pernahkah kita merasakan sakit gigi? Duh rasanya pasti pingin gigi yang sakit tersebut segera dicabut, maklum sakit gigi pasti bikin emosi. Dan biasanya setelah sakit giginya hilang pasti ga mau kalo disuruh cabut gigi. Tapi sebenarnya apa sih penyebab timbulnya sakit gigi? Dalam beberapa kasus, beberapa sakit gigi disebabkan oleh : Gigi sensitifGigi berlubangGigi impaksiPeradangan pada gusiTambelan yang lepasGigi yang patahJarang membersihkan gigiSering menggerakan gigi dan menggegerkan gigi ke kiri dan kekanan

Lalu bagaimana solusinya? Jika sudah ga tahan, maka sebaiknya pergi ke dokter gigi dan itu jika memungkinkan. Nah masalahnya adalah jika tengah malam, mana ada dokter gigi yang buka. Untuk itu saya akan coba memberi beberapa tips pertolongan pertama, yaitu : Sikat gigi pada bagian gigi yang sakitBerkumur dengan air garam hangatBerkumur dengan obat kumur anti septik, sebut saja merknya *etadine obat kumur, biasanya untuk kasus gigi berlubang atau gusi bengkakMinum obat anti nyeri, …

Mahkota Selubung (Crown Gigi)

Mungkin diantara kita ada yang belum pernah mendengar istilah mahkota selubung (crown gigi), tapi pasti banyak yang sudah mengetahui apa fungsinya. Berikut akan saya coba jelaskan sedikit apa itu mahkota selubung (crown gigi). Mahkota selubung (crown gigi) adalah salah satu cara untuk memperbaiki gigi yang rusak serta untuk melindungi gigi terhadap kerusakan yang lebih parah. Seperti halnya mahkota, mahkota selubung (crown gigi) merupakan gigi palsu yang dipasang diatas dan menutupi gigi yang rusak.
Mahkota selubung bentuknya seperti gigi  yang diletakkan diatas gigi untuk memulihkan keindahan gigi dan mengganti gigi yang rusak. Mahkota selubung ini dipasang pada permukaan gusi menutupi  sisa gigi yang rusak, dan telah dibersihkan sebelumnya.
Mahkota selubung (crown gigi) memiliki material pembuatan yang bermacam-macam seperti logam atau baja tahan karat, keramik atau porselen, dan lain-lain. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Konsultasi kepada dokter gigi langga…