Skip to main content

Pasang Kawat Gigi Harus Rajin Kontrol

Salah satu pasien datang ke tempat praktek dengan kondisi gigi yang tidak rapi. Dia ingin mempunyai bentuk gigi yang rapi dalam waktu singkat, dengan alasan untuk daftar TNI/Polri. Dan tentu saja hal tersebut tidak mungkin bisa merubah sesuatu dengan cara instan.
Dengan permintaan seperti itu, sebagai dokter gigi harus bisa menjelaskan proses untuk menjadi rapi tidak mudah dan tidak sebentar. Akhirnya pasien bisa menyadari keadaan tersebut. Dan singkat cerita pasien melakukan pemasangan kawat gigi atau behel dengan segala konsekuensi yang harus dilakukan ketika sudah memasang kawat gigi.
Seminggu setelah pemasangan, biasalah pasien kawat gigi akan datang kembali untuk membetulkan kawat yang lepas akibat salah makan. Tapi setelah itu biasanya pasien akan mulai terbiasa untuk hati-hati dalam urusan makan biar kawatnya tidak lepas.
Biasanya saya menganjurkan pasien untuk kontrol sebulan sekali untuk merapikan kawatnya kembali dan yang lainnya. Dan alhamdulillah setelah 2 kali kontrol, mulai terlihat progressnya yang semakin membaik.
Bagaimana jika tidak pernah kontrol? Yang pasti dokter gigi tidak akan pernah tau perkembangan giginya, dan tidak bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk tetap melanjutkan proses yang lebih baik. Karena ingat, pasang kawat gigi itu perlu proses dan perawatan secara berkala biar hasilnya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

dokter gigi malang
Sebelum dan Sesudah Pemasangan Kawat Gigi



Comments

Popular posts from this blog

Jenis Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang telah rusak. Secara umum berfungsi untuk mengunyah makanan dan untuk estetika. Karena berfungsi untuk mengunyah dan estetika maka pembuatannya selain harus kuat, tetapi juga harus dibuat seperti gigi asli baik warna maupun bentuknya. Sehingga orang yang memakainyapun menjadi nyaman, begitu pula dengan orang lain yang melihat tidak akan tahu jika itu adalah bukan gigi asli.
Beberapa jenis yang umum dipakai adalah
Gigi palsu lepasanGigi palsu jaket (mahkota)Gigi palsu permanen dengan sistem implan1. Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu jenis ini didesain agar pemakai bisa dengan mudah melepask dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau orang lain. Sehingga pemakai jenis ini bisa kapan saja melepas gigi palsunya untuk dibersihkan. Biaya pembuatannya termasuk paling murah dibanding jenis yang lain.
Beberapa pilihan bahan yang digunakan, yaitu :
Akrilik Dengan menggunakan bahan akrilik adalah pilihan paling murah, namun memp…

Sakit Gigi Bukan Berarti Harus Cabut Gigi

Pernahkah kita merasakan sakit gigi? Duh rasanya pasti pingin gigi yang sakit tersebut segera dicabut, maklum sakit gigi pasti bikin emosi. Dan biasanya setelah sakit giginya hilang pasti ga mau kalo disuruh cabut gigi. Tapi sebenarnya apa sih penyebab timbulnya sakit gigi? Dalam beberapa kasus, beberapa sakit gigi disebabkan oleh : Gigi sensitifGigi berlubangGigi impaksiPeradangan pada gusiTambelan yang lepasGigi yang patahJarang membersihkan gigiSering menggerakan gigi dan menggegerkan gigi ke kiri dan kekanan

Lalu bagaimana solusinya? Jika sudah ga tahan, maka sebaiknya pergi ke dokter gigi dan itu jika memungkinkan. Nah masalahnya adalah jika tengah malam, mana ada dokter gigi yang buka. Untuk itu saya akan coba memberi beberapa tips pertolongan pertama, yaitu : Sikat gigi pada bagian gigi yang sakitBerkumur dengan air garam hangatBerkumur dengan obat kumur anti septik, sebut saja merknya *etadine obat kumur, biasanya untuk kasus gigi berlubang atau gusi bengkakMinum obat anti nyeri, …

Mahkota Selubung (Crown Gigi)

Mungkin diantara kita ada yang belum pernah mendengar istilah mahkota selubung (crown gigi), tapi pasti banyak yang sudah mengetahui apa fungsinya. Berikut akan saya coba jelaskan sedikit apa itu mahkota selubung (crown gigi). Mahkota selubung (crown gigi) adalah salah satu cara untuk memperbaiki gigi yang rusak serta untuk melindungi gigi terhadap kerusakan yang lebih parah. Seperti halnya mahkota, mahkota selubung (crown gigi) merupakan gigi palsu yang dipasang diatas dan menutupi gigi yang rusak.
Mahkota selubung bentuknya seperti gigi  yang diletakkan diatas gigi untuk memulihkan keindahan gigi dan mengganti gigi yang rusak. Mahkota selubung ini dipasang pada permukaan gusi menutupi  sisa gigi yang rusak, dan telah dibersihkan sebelumnya.
Mahkota selubung (crown gigi) memiliki material pembuatan yang bermacam-macam seperti logam atau baja tahan karat, keramik atau porselen, dan lain-lain. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Konsultasi kepada dokter gigi langga…